Jelang Ramadhan, Banyak Produk Mamin Tak Layak Edar

Jelang Ramadhan, Banyak Produk Mamin Tak Layak Edar
Jelang Ramadhan, Banyak Produk Mamin Tak Layak Edar
JAKARTA - Menjelang datangnya Ramadan dan Idul Fitri 1432 Hijriah, Tim Terpadu Pengawasan Barang Beredar menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah toko swalayan di Jakarta, Kamis (21/7). Sidak itu dimaksudkan untuk memastikan barang-barang konsumsi seperti makanan dan minuman (mamin) memenuhi persyaratan layak edar.

"Masih banyak kami temuan kerusakan pada produk makanan yang dikemas ke dalam kaleng. Sayangnya justru berada di swalayan. Ini karena kurang diawasinya produk itu oleh pemilik usaha," kata Kabid Pengawasan dan Pengendalian Suku Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Jakarta Pusat, Johan.

Temuan sidak itu berada di dua swalayan di Jl Asia Afrika, di antaranya Hero Plaza Senayan dan Food Hall Senayan City. Kelemahan yang ditemukan masih seputar kemasan yang rusak saja.

Sedangkan untuk syarat edar lainnya sudah terpenuhi seperti keterangan komposisi produk luar sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Meski demikian dalam sidak itu tidak ditemukan produk yang kadaluarsa ataupun tak mengantongi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

JAKARTA - Menjelang datangnya Ramadan dan Idul Fitri 1432 Hijriah, Tim Terpadu Pengawasan Barang Beredar menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News