Jelang Sekolah Tatap Muka, Masih Banyak Guru, Tendik, dan Siswa Belum Divaksinasi

Jelang Sekolah Tatap Muka, Masih Banyak Guru, Tendik, dan Siswa Belum Divaksinasi
Pembelajaran Tatap Muka secara terbatas rencana dimulai Juli 2021. Ilustrasi Foto: Sam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jelang sekolah tatap muka, masih banyak guru, tenaga kependidikan (tendik), dan siswa belum divaksinasi.

Itu sebabnya, Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) mengimbau Pemda gencar melakukan vaksinasi kepada siswa di daerah masing-masing.

Seperti yang sudah dimulai secara simbolis di DKI Jakarta. 

Menurut Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim, sesuai pantauan jaringan P2G daerah melaporkan, proses vaksinasi guru dan tenaga kependidikan masih relatif lambat di daerah.

"Awal Juni 2021, vaksinasi guru dan tendik di Provinsi Aceh baru sekitar 2%. Awal Juli ini, diperkirakan baru sekitar 50% guru divaksinasi, itu pun tahapan pertama. Begitu juga di Kepulauan Riau, Sumut, Sumbar, Kaltim, Sulut, dan NTB," ungkap Satriwan, Jumat (9/7).

Satriwan melanjutkan, walaupun proses percepatan vaksinasi guru dan anak sedang dilakukan, tetapi syarat mutlak sekolah melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas tidak hanya itu. 

Dia menjelaskan, faktor kesiapan pemenuhan daftar periksa PTM oleh sekolah dan faktor pemetaan oleh Pemda terkait kondisi laju sebaran Covid-19 di daerah, okupasi rumah sakit, kondisi fasilitas kesehatan di daerah, dan kesiapan sekolah, adalah syarat mutlak lainnya yang harus diperhatikan.

P2G, kata Satriwan, mendukung kebijakan pemerintah pusat memberlakukan PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021 di Jawa dan Bali.

Sekolah tatap muka akan dimulai Senin besok, tetapi masih banyak siswa serta guru dan tenaga kependidikan belum divaksinasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News