Jelang Terima Dr HC Lagi, Bu Mega Punya Pesan untuk Anak Muda

Jelang Terima Dr HC Lagi, Bu Mega Punya Pesan untuk Anak Muda
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri dalam wawancara dengan wartawan di Prince Park Tower Hotel, Tokyo, Jepang, Senin (6/1). Foto: Ara Antoni/JPNN

jpnn.com, TOKYO - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati mengungkapkan kegelisahannya tentang anak-anak muda saat ini yang gampang mengeluh. Menurutnya, seharusnya anak muda sebagai penerus generasi bangsa punya semangat juang.

“Kenapa, ya, kalau sekarang anak muda bilang melo (melodramatis, red) ya. Kenapa ya mesti begitu?” ujar Megawati usai menghadiri jamuan makan siang Soka Gakkai International (SGI) di Tokyo, Jepang Senin (6/1).

Presiden Kelima RI itu mengunjungi Jepang dalam rangka menghadiri upacara penganugerahaan gelar doktor kehormatan atau honoris causa (Dr HC) dari Universitas Soka. Perguruan tinggi milik SGI itu akan menganugerahkan gelar Dr HC bidang kemanusiaan untuk Megawati, Rabu (8/1).

Putri Proklamator RI itu menegaskan, anak muda harus memiliki semangat juang atau fighting spirit. “Itu yang harus ada, karena keberhasilan pasti ada sepanjang harapan masih ada,” tuturnya.

Menurut Megawati, anak muda tak boleh putus asa. Anak muda, katanya, juga harus punya orientasi dan tidak menggampangkan persoalan.

“Jangan putus asa dan harus punya arah maunya ke mana. Anak muda sekarang kadang-kadang saya rasa terlalu melihat sesuatu persoalan itu seperti mudah,” katanya.

Megawati mengakui bahwa ijazah dan gelar bukanlah segalanya. Sebab, mencari ilmu pengetahuan bisa di mana saja.

Oleh karena itu tokoh yang tak pernah menamatkan kuliahnya tersebut pun mendorong anak-anak muda berani melakukan uji coba. Namun, uji coba itu tetap harus fokus pada tujuan.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati mengungkapkan kegelisahannya tentang anak-anak muda saat ini yang seharusnya punya semangat juang justru gampang mengeluh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News