Dipuji Seperti Dewi Saraswati, Megawati Malah Bilang Begini

Dipuji Seperti Dewi Saraswati, Megawati Malah Bilang Begini
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menyerahkan cenderamata patung Dewi Saraswati kepada Wakil Presiden SGI Hirosama Ikeda di Tokyo, Senin (6/1). Foto: Ara Antoni/JPNN.com

jpnn.com, TOKYO - Wakil Presiden Soka Gakkai International (SGI) Hirosama Ikeda menyanjung Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri seperti figur Dewi Saraswati dalam mitologi Hindu.

Hirosama menyampaikan pujiannya itu saat bertukar cendera mata pada jamuan makan siang SGI buat Megawati di Tokyo, Jepang, Senin (6/1).

SGI menjamu perempuan yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan itu dalam rangka penganugerahan gelar doktor kehormatan atau honoris causa (Dr HC) dari Soka University. Prosesi penyerahan DR HC untuk Megawati akan dilaksanakan pada Rabu (8/1) di Soka University.

Saat sesi tukar-menukar cendera mata, Megawati menyerahkan montase foto-foto Bung Karno bertemu Perdana Menteri Jepang 1960-1964 Hayato Ikeda di Tokyo, serta kunjungan Putri Michiko ke Bali. Presiden Kelima RI itu juga memberikan patung Saraswati hasil karya seniman Bali.

Megawati menjelaskan, Saraswati merupakan dewi ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan. “Kecerdasan ilmu pengetahuannya saya kira sangat cocok untuk contoh bagi Soka University,” ujar Megawati.

Hirosama pun langsung merespons penjelasan Megawati. “Ibu Megawati seperti Dewi (Saraswati, red),” ujar Hirosama dalam bahasa Jepang.

Aplaus pun langsung menimpali pernyataan Hirosama.

Tampak mendampingi Megawati pada jamuan makan siang itu adalah Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP PDIP Ahmad Basarah, mantan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, serta eks Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri.

Setelah dipuji seperti Dewi Saraswati, Megawati Soekarnoputri malah menyinggung kelakuan anak-anak PDI Perjuangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News