Canda Untuk Bu Mega Dalam Jamuan Makan Siang Bersama Petinggi Universitas Soka

Canda Untuk Bu Mega Dalam Jamuan Makan Siang Bersama Petinggi Universitas Soka
Megawati Soekarnoputri bersama Wakil Presiden Soka Gakkai International (SGI) Hirosama Ikeda dalam jamuan makan siang di Tokyo, Senin (6/1). Foto: Ara Antoni/jpnn.com

jpnn.com, TOKYO - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menjadi tamu penting bagi Soka University, Tokyo, Jepang. Salah satu perguruan tinggi ternama di Negeri Sakura itu menggelar jamuan makan siang bagi ketua umum PDI Perjuangan tersebut di Prince Park Tower Hotel, Tokyo, Senin (6/1).

Universitas Soka akan menganugerahkan gelar doktor kehormatan atau honoris causa (Dr HC) bidang kemanusiaan kepada Megawati pada Rabu (8/1). Sebelum penganugerahan gelar, Soka Gakkai International (SGI) sebagai pemilik Soka University menjamu Megawati dalam jamuan makan siang.

Suasana akrab diselingi canda terlihat pada jamuan lunch itu. Wakil Presiden SGI Hirosama Ikeda yang didampingi Wakil Rektor Soka University duduk berhadap-hadapan dengan Megawati.

“Kami berbahagia dengan kehadiran Yang Mulia Ibu Megawati,” ujar Hirosama dalam bahasa Jepang yang diterjemahkan seorang translator.

Hirosama adalah putra Presiden SGI Deisaku Ikeda. Deisaku yang sudah sepuh mengutus Hirosama untuk menjamu Putri Proklamator RI Bung Karno itu.

Sejumlah politikus PDIP dan tokoh kondang tampak mendampingi Megawati. Antara lain Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP Ahmad Basarah yang juga wakil ketua MPR, eks Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri, mantan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, serta Wakil Rektor Universitas Indonesia (UI) Profesor Bambang Wibawarta.

Jamuan makan siang itu diawali dengan pemberian cenderamata. Selanjutnya, Hirosama Ikeda meminta foto bareng Megawati.

“Kalau tidak ada foto bersama makanan tidak keluar,” ujar penerjemah yang langsung ditimpali tawa.

Universitas Soka akan menganugerahkan gelar doktor kehormatan bidang kemanusiaan kepada Megawati Soekarnoputri pada Rabu (8/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News