Jelang WOC, Sulut Diminta Waspada Flu Babi

Jelang WOC, Sulut Diminta Waspada Flu Babi
Jelang WOC, Sulut Diminta Waspada Flu Babi
JAKARTA - Meski Indonesia masih dinyatakan aman dari flu babi, namun menjelang pelaksanaan World Ocean Conference (WOC) yang tinggal 10 hari ini, masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) diminta juga untuk waspada. Terutama dalam menjaga ketat wilayah yang berbatasan dengan negara luar dan lalu lintas masuk keluarnya orang, seperti bandara.

"Virus flu babi-nya memang belum masuk Indonesia. Namun karena transformasi begitu cepatnya, kita sudah harus waspada. Apalagi dalam pelaksanaan WOC nanti, banyak pengunjung dari luar negeri yang berdatangan," kata Jubir Depkes, Lilis Sulistiowati, yang dihubungi via telepon.

Khusus Sulut yang warganya memiliki banyak peternakan babi, juga diminta untuk tidak perlu khawatir. "Jangan sampai kita memusuhi babi, karena sekali lagi ditegaskan, Indonesia umumnya dan Sulut khususnya, masih aman," tukasnya.

Di sisi lain, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi, Prof Dr DR Mokoagouw memastikan, populasi ternak babi di Sulut belum terkena virus H1NI itu. Yang harus diwaspadai menurutnya adalah penyebaran melalui orang dari negara yang tertular virus flu mematikan ini.

JAKARTA - Meski Indonesia masih dinyatakan aman dari flu babi, namun menjelang pelaksanaan World Ocean Conference (WOC) yang tinggal 10 hari ini,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News