Jembatan Terpanjang Dunia di China Dianggap Ancam Populasi Lumba-Lumba

Jembatan Terpanjang Dunia di China Dianggap Ancam Populasi Lumba-Lumba
Jembatan Terpanjang Dunia di China Dianggap Ancam Populasi Lumba-Lumba

Aktivis konservasi mengatakan, lumba-lumba putih China di perairan Hong Kong telah turun secara signifikan karena pembangunan jembatan penyeberangan laut terpanjang di dunia yang menghubungkan wilayah itu dengan daratan China.

Poin kunci:

  • Jumlah lumba-lumba putih China turun dari 80 menjadi 47 di perairan Hong Kong
  • Aktivis konservasi mengatakan upaya yang dilakukan untuk melindungi lumba-lumba telah gagal
  • Otoritas Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macao mengatakan, sebanyak $ 68 juta (atau setara Rp 680 miliar) dialokasikan untuk melindungi lumba-lumba

Hal itu muncul di tengah munculnya sejumlah laporan bahwa jembatan sepanjang 55 kilometer -yang dijuluki "jembatan kematian" oleh beberapa media lokal -tersebut telah mencabut nyawa 20 pekerja dan melukai lebih dari 500 orang selama pembangunannya.

Jembatan senilai $ 20 miliar (atau setara Rp 200 triliun), yang memerlukan waktu satu dekade untuk dibangun tersebut, secara resmi dinyatakan terbuka oleh Presiden China Xi Jinping pada hari Selasa (23/10/2018).

Taison Chang Ka-tai, ketua Lembaga Konservasi Lumba-Lumba Hong Kong, mengatakan kepada ABC bahwa populasi lumba-lumba di perairan Hong Kong telah turun lebih dari 40 persen - dari rata-rata 80 penampakan pada 2012 menjadi 47 pada tahun 2017.

Chang mengatakan bahwa dampak konstruksi pada populasi lumba-lumba putih terbukti dalam distribusi lumba-lumba di daerah tersebut.

"Selama pembangunan jembatan, kami bisa melihat lumba-lumba di utara (Pulau) Lantau hampir hilang dari daerah itu, yang merupakan area terdekat dari konstruksi itu," katanya.

"Jadi kami bisa melihat hubungan yang sangat jelas antara konstruksi dan lumba-lumba."

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News