Jenazah Pendaki RI Tiba Besok

Jenazah Pendaki RI Tiba Besok
Jenazah Pendaki RI Tiba Besok
JAKARTA – Jenazah Pungkas Tri Baruno, 20, anggota Tim Ekspedisi Tunas Indonesia,  Gerakan Pramuka akan diberangkatkan dari Anchorage, Alaska pada 17 Juli 2008 dengan menggunakan pesawat kargo China Airlines. Yang bersangkutan meninggal dunia pada saat melakukan ekspedisi ke puncak gunung McKinley  Alaska pada 7 Juli 2008.

      Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di San Fransisco Yudhistiranto Sungadi mengemukakan bahwa jenazah diharapkan akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta pada 18 Juli 2008 pukul 13.00.

      Pemulangan jenazah dengan pesawat kargo ini telah mendapat persetujuan dari Transportation and Security Authority (TSA). Serah terima jenazah dari pihak Departemen Luar Negeri (Deplu) dalam hal ini direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Bantuan Hukum Indonesia (BHI) kepada pihak Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan dilaksanakan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

      “Pada Selasa (15/7) kemarin, komunitas Islam di Alaska yang tergabung dalam Islamic Center of Alaska juga telah memberikan pengurusan secara agama Islam kepada jenazah,” papar Yudhistiranto dalam keterangan resmi pada pers.

     Tiga anggota rombongan Tim Ekspedisi Tunas Indonesia lainnya akan meninggalkan Alaska pada tanggal 16 Juli 2008 dengan pesawat China Airlines bernomor CI 011 dan direncanakan akan tiba di Jakarta pada 17 Juli 2008 pukul 13.00.

      Kronologis kematian Pungkas terjadi sesaat setelah tim ekspedisi berhasil menancapkan sang saka Merah Putih. Dalam perjalanan turun dari puncak gunung McKinley, mahasiswa Jurusan Desain Interior Universitas Mercu Buana mengeluh pusing dan tidak sadarkan diri. Pemberian pertolongan pertama melalui bantuan napas buatan (cardio pulmonary resuscitation-CPR) tidak berhasil.

      Upaya evakuasi jenazah dari lokasi kejadian -sekitar 17.400 kaki atau kurang lebih 5.000 meter di atas permukaan laut- memakan waktu kurang lebih tiga hari. Ini karena kendala medan, yang ditandai dengan prosedur biasa (jalan darat) maupun helikopter.

      KJRI San Francisco kemudian mengoordinasikan langkah-langkah evakuasi untuk membawa jenazah ke base camp terdekat (Talkeetna) yang berjarak 2 jam dari kota Anchorage. Di Talkeetna, jenazah disemayamkan dan divisum oleh tim dokter untuk memastikan penyebab kematian.

JAKARTA – Jenazah Pungkas Tri Baruno, 20, anggota Tim Ekspedisi Tunas Indonesia,  Gerakan Pramuka akan diberangkatkan dari Anchorage,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News