Separo Serdadu Inggris Siap Tinggalkan Militer

Separo Serdadu Inggris Siap Tinggalkan Militer
Serdadu Inggris dalam sebuah operasi militer di Afghanistan. Foto: AFP.
LONDON – Hasil survei yang dipublikasikan Kementerian Pertahanan Inggris Rabu (9/7), cukup mengejutkan. Dalam laporan itu disebutkan bahwa sekitar separo serdadu Inggris yang saat ini masih menjadi anggota aktif kemiliteran siap meninggalkan kesatuan mereka. Pemicunya adalah beban kerja yang terlalu berat, moralitas yang rendah dan gaji serta fasilitas yang tidak memadai.

    Kementerian Pertahanan menyatakan bahwa survei yang melibatkan sekitar 9.000 serdadu Inggris itu memang menunjukkan sisi-sisi lemah kemiliteran. ”Tapi, kondisi yang dikeluhkan sebagian besar anggota kemiliteran itu sudah mulai diperbaiki,” terang Kementerian Pertahanan dalam pernyataan resminya. Sekitar 47 persen responden yang berasal dari Army (AD) dan Royal Navy (AL), serta 44 persen responden dari Royal Air Force (AU) mengaku siap meninggalkan dunia militer untuk selamanya.

    Beratnya beban kerja dan tugas luar yang memaksa para serdadu harus jauh dari keluarga menjadi alasan utama mereka meninggalkan kemiliteran. Selain itu, gaji serta fasilitas perumahan yang tidak memadai juga menjadi pertimbangan serius mereka untuk tidak lagi berkecimpung di dinas militer. ”Kualitas perlengkapan pendukung tugas juga salah satu hal yang dikeluhkan,” urai Kementerian Pertahanan secara tertulis.

    Dalam survei sebelumnya, kementerian yang dipimpin Des Browne itu menganalisa perilaku para serdadu. Baik anggota AD, AL, Marinir maupun AU. Hasilnya, sebagian besar serdadu mengaku sangat khawatir dengan kondisi moral mereka. Sebab, tanggung jawab yang mereka pikul sangat berat, sementara mereka harus sering meninggalkan keluarga. ”Sebanyak 36 persen serdadu yang disurvei mengaku tidak senang dengan penugasan luar negeri karena harus berpisah dengan anak istri/suami,” terang kementerian.

    Sementara, seringnya penugasan ke luar kota atau ke luar negeri membuat sekitar 38 persen anggota AD lebih terdorong meninggalkan militer. Secara keseluruhan, sebanyak 59 responden yang disurvei mengatakan bahwa komitmen terhadap tugas dan tekanan selama menjalankan tugas lah yang membuat mereka ingin hengkang dari militer. Fenomena tersebut sudah mulai berdampak pada divisi AD regular Inggris. Saat ini, divisi tersebut sudah kekurangan sekitar 5.000 serdadu.

    ”Ini adalah gambaran tekanan hebat yang harus ditanggung serdadu militer. Menurut saya, frekuensi penugasan yang terlalu sering lah yang mencetuskan tekanan tersebut baik pada serdadu bersangkutan maupun keluarganya,” ujar Patrick Mercer, salah seorang anggota parlemen dari Partai Tory.

    Kendati demikian, sekitar 59 persen responden mengaku cukup puas dan sangat puas dengan pekerjaan mereka. Sebanyak 69 persen pejabat militer menyatakan sangat puas menerima penghargaan atas dedikasi mereka. Sementara, di tingkat serdadu, hanya sekitar 51 persen yang puas dengan penghargaan yang pernah mereka terima. Survei Kementerian Pertahanan itu dilakukan pada Juli dan Oktober 2007. Dari sebanyak 24. 760 kuesioner yang disebarkan kepada serdadu Inggris, hanya sekitar 9.000 yang kembali. (AFP/BBC/hep)

LONDON – Hasil survei yang dipublikasikan Kementerian Pertahanan Inggris Rabu (9/7), cukup mengejutkan. Dalam laporan itu disebutkan bahwa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News