Nenek 70 Tahun Lahirkan Bayi Kembar

Nenek 70 Tahun Lahirkan Bayi Kembar
Nenek 70 Tahun Lahirkan Bayi Kembar
NEW DELHI – Tidak berlebihan bila apa yang terjadi pada Omkari Panwar ini disebut sebagai keajaiban. Sebab, di usianya yang sudah mencapai 70 tahun, wanita asal Muzaffarnagar, kota di utara New Delhi yang bisa ditempuh tujuh jam dengan kendaraan, ini melahirkan bayi. Kembar pula.

      Sejatinya, bersama Charan Singh Panwar, suaminya, wanita sepuh itu hanya ingin memiliki seorang anak laki-laki. Siapa sangka, keinginan pasangan kakek-nenek tersebut justru membuat Omkari menjadi wanita tertua di dunia yang melahirkan bayinya. Padahal, hal itu sama sekali tidak terbersit dalam pikirannya.

      Dan ternyata, pasangan ini mendapatkan bayi kembar, satu laki-laki dan satu perempuan. Apalagi dia harus melahirkan melalui operasi Caesar. Itulah sebabnya, biaya yang dibutuhkan sangat besar. Untuk menutup biaya perawatan istrinya yang dirawat di kelas empat, Panwar harus menjual kerbau-kerbaunya. Dia pun terpaksa harus menggadaikan sawahnya. Selain itu, pria 77 tahun itu juga harus menguras tabungannya. Nyatanya, semua hartanya itu masih kurang untuk membayar biaya tagihan rumah sakit di Muzaffarnagar. Maka, dia pun mengajukan pinjaman. Menurut tim dokter yang merawat Omkari, kedua bayi kembar itu lahir prematur, sebulan lebih awal dari yang seharusnya.

      Sejatinya, pasangan Panwar itu telah mempunyai dua anak perempuan yang sudah beranjak dewasa. Mereka juga sudah mempunyai lima orang cucu. Tapi, tentu saja anak laki-laki sangat penting bagi mereka. Sebagaimana dalam kultur India yang menganggap penting anak laki-laki. Itu tidak sekadar disebabkan lantaran anak laki-laki akan mendapatkan mas kawin saat dia menikah kelak. Tapi juga karena dia juga bisa membantu bekerja di lading. Itulah sebabnya, kelahiran anak laki-laki sangat mereka nanti.

      Selama delapan bulan mengandung bayi kembarnya, Omkari mengaku bahwa kehamilan itu sangat berat dan menyakitkan. Tapi, karena sudah mempunyai pengalaman sebelumnya, maka Omkari bisa mengatasinya. ’’Kadang-kadang, Anda memang harus merasakan sakit dulu bila ingin mendapatkan apa yang diinginkan,’’ tutur Omkari bijak.

      ’’Setidaknya, kami sudah memiliki anak laki-laki sekaligus penerus. Kami berdoa kepada Tuhan, mengunjungi orang-orang suci, juga tempat-tempat suci supaya diberi penerus,’’ kata Panwar.

      Panwar tidak memungkiri besarnya biaya yang harus dikeluarkannya demi kelahiran anaknya kali ini. Namun, demi mendapatkan seorang anak laki-laki, hal itu sepadan. ’’Bisa-bisa saya tewas saking bahagia dan bangganya sebagai seorang ayah,’’ tambah Panwar.

      Dengan kelahirannya kali ini, Omkari memang pantas ditahbiskan sebagai wanita tertua yang melahirkan. Sebelumnya, adalah Adriana Iliescu, seorang wanita asal Rumania, yang melahirkan di usia 66 tahun pada 2005. Sebenarnya, Omkari tidak mempunyai akta kelahiran. Namun, dia mempunyai penanda sendiri untuk mengingat umurnya. Yakni, saat India merdeka pada 1947 bertepatan dengan Inggris meninggalkan India, dirinya berumur sembilan tahun.

NEW DELHI – Tidak berlebihan bila apa yang terjadi pada Omkari Panwar ini disebut sebagai keajaiban. Sebab, di usianya yang sudah mencapai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News