Jenderal Agus Sebut 2.820 Prajurit TNI akan Ditempatkan di IKN Tahun Ini

Jenderal Agus Sebut 2.820 Prajurit TNI akan Ditempatkan di IKN Tahun Ini
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto (kiri) usai menyematkan pangkat Jenderal TNI Kehormatan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, Jakarta, Rabu (28/2/2024). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

jpnn.com - JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia akan menempatkan ribuan prajurit TNI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 2024 ini.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan bahwa 2.820 prajurit dari Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, dan TNI AU, akan ditempatkan di IKN pada tahun ini.

Hanya saja, Jenderal Agus tidak menyebut secara terperinci kapan waktu penempatan prajurit TNI itu. Termasuk soal apakah penempatan prajurit-prajurit itu seiring dengan pembangunan markas komando daerah militer (kodam) khusus, pangkalan udara, dan markas pasukan Marinir di IKN.

"Tahun ini juga direncanakan pemindahan personel TNI, baik dari Mabes TNI, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara, sejumlah 2.820 orang. Namun demikian, pemindahan personel tersebut akan menyesuaikan kesiapan bangunan dan perkantoran di IKN,” kata Jenderal Agus saat Rapat Pimpinan TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/2).

Jenderal bintang empat itu meyakini bahwa penempatan prajurit itu juga sejalan dengan visinya, yakni membentuk TNI yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif (PRIMA). "Hal tersebut selaras dengan visi TNI yang PRIMA, dalam hal ini well-organized (tata kelola organisasi yang baik, red.)," ungkap Jenderal Agus.

Dalam paparanya, Jenderal Agus menjelaskan bahwa 2.820 prajurit TNI yang akan ditempatkan di IKN itu merupakan pemindahan tahap pertama untuk periode 2023–2024. Jika diperinci setiap matra, maka untuk TNI AD sebanyak 578 prajurit, TNI AL 793 prajurit, dan TNI AU 500 prajurit, serta Mabes TNI 949 prajurit.

Kemudian, ada pula rencana menempatkan 734 prajurit TNI yang berdinas di Kementerian Pertahanan untuk pemindahan tahap pertama itu, sehingga jika ditotal jumlahnya mencapai 3.554 prajurit.

Panglima juga menjelaskan ada lima tahap pemindahan prajurit TNI yang berdinas di Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Kementerian Pertahanan ke IKN.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan bahwa 2.820 prajurit TNI akan ditempatkan di IKN pada tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News