Jenderal Andika Dinilai Perlu Segera Menangani 4 Isu ini

Jenderal Andika Dinilai Perlu Segera Menangani 4 Isu ini
Presiden Joko Widodo menyerahkan tongkat komando kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Foto: Biro Pers dan Media Istana Kepresidenan

jpnn.com, JAKARTA - Jenderal Andika Perkasa dinilai penting segera menangani empat isu utama di tubuh TNI, setelah dilantik menjadi Panglima TNI.

Menurut pengamat militer dari Universitas Paramadina Anton Aliabbas, empat isu tersebut merupakan hasil survei terbaru yang dilakukan salah satu media massa.

Yakni, kedisiplinan, kesejahteraan, pendidikan dan keterampilan.

Anton juga menyebut keempat isu tersebut juga penting menjadi perhatian utama Kepala Staf TNI AD (KSAD) yang baru dilantik Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Jenderal Andika dan Jenderal Dudung merupakan abituren Akademi Militer 1987 dan 1988.

Keduanya dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (17/11).

"Perbaikan dan penataan di empat isu ini secara pararel menjadi krusial mengingat TNI AD hingga kini memiliki satuan kewilayahan yang memungkinkan ada gesekan langsung dengan masyarakat," ujar Anton ketika dikonfirmasi, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, karena masih terjadi sejumlah insiden yang terkait pelanggaran hukum dan disiplin, maka publik tentu menanti terobosan komprehensif yang akan dilakukan Abdurachman.

Perbaikan bukan hanya sekadar melakukan penindakan terhadap pelanggar, tetapi juga mencakup pada rekrutmen, pendidikan, karier dan kesejahteraan.

Sebagai kepala staf TNI AD, Jenderal Dudung memiliki tugas pokok memelihara dan membina kemampuan serta kekuatan tempur satuan-satuan di jajarannya, untuk kemudian dipergunakan oleh panglima TNI.

Dalam survei itu, mayoritas publik sudah yakin TNI menunjukkan kinerja yang baik dalam menyelesaikan tantangan di sektor pertahanan dan keamanan.

Jenderal Andika Perkasa dinilai perlu segera menangani empat isu ini, setelah dilantik menjadi Panglima TNI.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News