Jenderal Andika Sampaikan Kabar Terbaru Soal Jabatan Pangkostrad

Jenderal Andika Sampaikan Kabar Terbaru Soal Jabatan Pangkostrad
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat ke Papua. Foto Pendam XVII/Cenderawasih

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyampaikan kabar terbaru soal kekosongan jabatan Pangkostrad yang sudah lebih dari sebulan.

Menurut Andika, sosok yang menjabat Pangkostrad masih dibahas di Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

Hasil rapat Wanjakti akan disampaikan ke Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Selanjutnya, kepala negara menentukan perwira tinggi yang menjabat Pangkostrad.

"Kami menunggu Wanjakti, sidang Wanjakti, dan nanti pasti akan dilaporkan ke presiden. Beliau yang akan menentukan," kata eks KSAD itu di kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Selasa (28/12).

Posisi Pangkostrad sudah kosong lebih dari sebulan menyusul dilantiknya Jenderal Dudung Abdurachman sebagai KSAD pada 17 November 2021.

Pengamat Militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi menyebut tugas dan tanggung jawab Pangkostrad vital di instansi militer.

Semestinya, kata dia, pemimpin di pasukan elite TNI AD itu tidak dibiarkan kosong terlalu lama.

"Semestinya jabatan Pangkostrad memang tidak boleh dibiarkan kosong terlalu lama," kata Fahmi melalui layanan pesan, Senin (27/12).

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjawab singkat saat disinggung kekosongan jabatan Pangkostrad yang sudah lebih dari sebulan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News