Jenderal Idham Segera Pensiun, Bisa Jadi 2 Irjen Bakal Dikerek Jadi Calon Kapolri

Jenderal Idham Segera Pensiun, Bisa Jadi 2 Irjen Bakal Dikerek Jadi Calon Kapolri
Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menyatakan bahwa Kapolri Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pensiun akhir Januari 2021.

Oleh karena itu, Neta memprediksi akan ada mutasi besar-besaran di internal Polri jelang pergantian pucuk pimpinan Korps Bhayangkara tersebut.

Dalam analisis Neta, akan ada setidaknya dua inspektur jenderal (irjen) di Polri yang bakal naik pangkat menjadi komisaris jenderal (komjen).

"Para perwira yang naik menjadi bintang tiga itu dipastikan akan masuk dalam bursa calon Kapolri untuk menggantikan Idham Azis," kata Neta, Kamis (12/11).

Mantan wartawan itu menambahkan, perwira tinggi (pati) Polri yang segera memasuki masa pensiun bukan hanya Idham.

"Sedikitnya ada 30 jenderal yang akan pensiun menjelang suksesi Kapolri pada Januari mendatang," jelasnya. 

Penulis buku Jangan Bosan Kritik Polisi itu menjelaskan, para petinggi Polri itu ada yang memasuki masa pensiun pada November dan Desember tahun ini, serta Januari 2021. 

Neta memerinci, para pati Polri yang segera memasuki masa pensiun itu terdiri dari tiga komjen, delapan irjen, dan 19 brigjen.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane memprediksi akan ada mutasi besar-besaran di tubuh Polri jelang pergantian Jenderal Idham Azis memasuki masa pensiun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News