Jenderal Sigit: Densus 88 Antiteror Tangkap 18 Teroris Jelang Perayaan Natal

Jenderal Sigit: Densus 88 Antiteror Tangkap 18 Teroris Jelang Perayaan Natal
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan kepada wartawan usai peninjauan di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (24/12/2023). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut ada 18 orang tersangka tindak pidana terorisme telah ditangkap Densus 88 Antiteror Polri selama Desember atau menjelang perayaan Natal 2023.

"Kami sudah mengamankan 18 orang yang saat ini kami lakukan pendalaman, diamankan oleh teman-teman Densus," kata Sigit di sela peninjauan pengamanan perayaan Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu.

Jenderal polisi bintang empat itu mengatakan hal-hal yang dapat mengganggu kelancaran ibadah dan kamtibmas menjadi atensi Korps Bhayangkara.

Dia menyebut Polri bersama TNI siap mengamankan perayaan Natal 2023 hingga pergantian Tahun Baru 2024. Pengamanan ini melibatkan organisasi kemasyarakatan, seperti NU, Muhammadiyah dan lainnya.

Selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, kata dia, Polri menggelar Operasi Lilin 2023.

"Ada lebih kurang 39.495 gereja yang kami amankan di seluruh wilayah Indonesia. Sementara ada kurang lebih 55.095 ibadah natal yang telah dilaporkan, tentunya ini menjadi bagian yang harus kami amankan," kata Sigit.

Eks Kepala Bareskrim Polri itu menambahkan dirinya bersama jajaran TNI berkeliling ke beberapa gereja salah satunya Gereja Katedral untuk memastikan seluruh rangkaian pelaksanaan pengamanan Misa Natal berjalan dengan aman, baik dari sisi kesiapan anggota, maupun ibadah itu sendiri.

"Yang kami harapkan tidak ada yang terganggu dalam melaksanakan perayaan Misa Natal," kata Sigit.

Polri melalui Detasemen Khusus 88 Antiteror menangkap 18 teroris di seluruh Indonesia menjelang perayaan natal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News