Jero Wacik Minta Anggaran 2012 Diserap Optimal

Jero Wacik Minta Anggaran 2012 Diserap Optimal
Jero Wacik Minta Anggaran 2012 Diserap Optimal
JAKARTA –  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik meminta jajaran kementeriannya melakukan penyerapan anggaran 2012 secara optimal. Tidak boleh ada lagi realisasi belanja yang menumpuk di akhir tahun seperti yang terjadi selama ini.

’’Saya serahkan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) kementerian kepada para dirjen hari ini (kemarin, Red) agar pelaksanaan anggaran dapat dimulai awal 2012,’’ kata Jero Wacik dalam acara penyerahan DIPA 2012 di kantornya, Jakarta, Rabu (21/12).

Mantan menteri kebudayaan dan pariwisata ini menjelaskan, anggaran negara merupakan salah satu stimulus pertumbuhan ekonomi makro yang dapat mendorong terciptanya multiplier effect terhadap pembangunan nasional. Di tengah kelesuan perekonomian dunia dan ancaman krisis pada 2012, stimulus pertumbuhan dari belanja negara sangat dibutuhkan.

Jika penyerapan anggaran negara oleh kementerian dan lembaga terlambat, akan berdampak langsung terhadap hilangnya potensi pertumbuhan ekonomi. Padahal pertumbuhan yang baik memiliki dampak terhadap penyerapan tenaga kerja dan mengurangi kemiskinan. ”Keterlambatan penyerapan APBN berarti menghambat pembangunan nasional,” tegas Jero Wacik.

JAKARTA –  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik meminta jajaran kementeriannya melakukan penyerapan anggaran 2012

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News