Jet Tempur Jerman Siaga di Romania, Tentaranya di Lithuania, Astaga!

Jet Tempur Jerman Siaga di Romania, Tentaranya di Lithuania, Astaga!
Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht bertemu dengan tentara Jerman saat mengunjungi pangkalan militer Rukla, Lithuania, Minggu (19/12/2021). Ints Kalnins/FOC/djo (REUTERS/INTS KALNINS)

jpnn.com, BERLIN - Jet-jet tempur Eurofighter milik Angkatan Udara Jerman tiba di sebuah pangkalan udara di Romania, Kamis (17/2), kata departemen pertahanan, di tengah krisis Ukraina.

Skuadron udara Jerman itu akan memperkuat pertahanan negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di kawasan timur, saat Rusia mengerahkan pasukan di perbatasan dengan Ukraina.

Tiga Eurofighter dan sekitar 60 tentara Jerman akan bergabung dengan pasukan Italia dan Romania untuk meningkatkan misi pengamanan wilayah udara selama tiga pekan mendatang.

AU Jerman pernah menjalankan misi serupa bersama AU Inggris di Romania pada 2021.

Kontingen Jerman tersebut akan ditempatkan di pangkalan udara Mihail Kogalniceanu di Laut Hitam.

Di lokasi itu, sekelompok tank Stryker beserta 1.000 tentara dipindahkan awal bulan ini dari Vilseck, Jerman.

Kontingen militer dari Vilseck itu menambah keberadaan 900 prajurit yang dirotasi oleh Amerika Serikat ke Romania, negara yang berbatasan dengan Ukraina di bagian utara.

NATO awal pekan ini meminta para komandan militernya untuk membuat rencana baru menyangkut gugus-gugus tempur di Eropa tengah dan tenggara.

Jet-jet tempur Eurofighter milik Angkatan Udara Jerman tiba di sebuah pangkalan udara di Romania, Kamis (17/2),

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News