Jika Gagal Lagi, Dicap Bangsa Bebal

Jika Gagal Lagi, Dicap Bangsa Bebal
Foto: Dok.JPNN
JAKARTA -- Banyak pihak mengkhawatirkan kongres lanjutan PSSI bakal ribut lagi. Untuk mengeliminir kemungkinan buruk itu, Anggota Komisi X DPR RI M. Hanif Dhakiri mengusulkan adanya pakta integritas yang diteken dan mengikat Kementerian Pemuda dan Olahraga, KONI/KOI, Komite Normalisasi PSSI dan para pemilik suara di kongres PSSI mendatang.

Menurut Hanif, kongres mendatang adalah kesempatan terakhir bagi Indonesia untuk menyelesaikan kemelut PSSI melalui mekanisme kongres. Jika gagal secara otomatis FIFA akan menjatuhkan sanksi kepada PSSI.

"Ini kesempatan terakhir, jadi harus berhasil. Kalau sampai gagal, sejatinya bukan FIFA yang menghukum kita, tapi kita sendiri yang menghukum. Dua kali sudah FIFA kasih kesempatan. Kalau yang terakhir juga gagal, berarti salah kita kalau di-suspend dan kita boleh dikata bebal sebagai bangsa, jika itu terjadi", jelasnya.

Namun, Sekretaris FPKB DPR RI ini  cukup optimis kongres mendatang akan lancar dan sukses. "Setidaknya begitu yang ditegaskan oleh Pak Andi Mallarangeng, Bu Rita Subowo dan Pak Agum Gumelar. Kita percaya niat baik beliau-beliau itu, termasuk niat baik Pak George Toisutta dan Arifin Panigoro yang didukung mereka yang menyebut diri Kelompok 78," imbuhnya.

JAKARTA -- Banyak pihak mengkhawatirkan kongres lanjutan PSSI bakal ribut lagi. Untuk mengeliminir kemungkinan buruk itu, Anggota Komisi X DPR RI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News