Jika ke Labuan Bajo, Jangan Lupa ke Pulau Padar

Jika ke Labuan Bajo, Jangan Lupa ke Pulau Padar
Labuan Bajo, NTT. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - LABUAN BAJO - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengharapkan wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak hanya melihat komodo saja. Ia menyarankan wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo juga menyambangi Pulau Padar.

“Saya pernah di puncak bukit ini, sore hari lebih keren, ketika langit memerah, matahari hendak tenggelam di ufk barat,” kata Arief menceritakan pengalamannya Labuan Bajo.

Dari puncak Pulau Pandar yang diapit tiga teluk, pengunjung akan seperti melihat surga kecil di bumi yang sangat indah sekali. Keindahan itu pula yang memikat peserta program Diving Fam Trip Thailand Operator And Media 2016.

"Wow, luar biasa Indahnya. Mimpi yang menjadi kenyataan. Seperti di surga, cantik sekali," ungkap Brian Patrick Abrook, peserta dari Thailand, saat berhenti di tengah pendakian ke Puncak Pulau Padar, Kamis (8/9).

Untuk menuju ke Pulau Padar yang masuk dalam 10 destinasi wisata prioritas Kementerian Pariwisata, bisa dilakukan dari Pelabuan Labuan Bajo. Rombongan Diving Fam Trip yang berjumlah 16 orang dengan dipandu oleh Condo Subagyo berangkat dari pelabuhan sekitar pukul 07.30 WITA.

Setelah melakukan perjalanan kurang lebih 2 jam, rombongan tiba di Pulau Padar sekitar pukul 09.40 WITA. Senyum langsung mengembang dari peserta Fam Trip. Maklum, sepanjang perjalanan dari Pelabuhan Labuan Bajo, ombak sangat besar dan menegangkan.

Tidak ada gapura yang menjadi penanda bahwa itu adalah Pilau Padar. Yang ada hanya tulisan dengan papan kecil yang menginformasikan bahwa rombongan sudah masuk Pulau Padar yang masuk kawasan Taman Nasioonal Komodo dan diminta menjaga kebersihan. Papan pengumuman itu dipasang oleh Perhutani.

Di situ juga tidak ada tempat berteduh sama sekali. Peserta fam trip langsung dihadapkan pada jalan menanjak yang sangat terjal untuk menuju puncak Pulau Padar. Kemiringannya juga lebih dari 45 derajat. Bagi yang belum pernah ke Pulau Padar harus ekstra hati-hati supaya tidak tergelincir jatuh.

LABUAN BAJO - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengharapkan wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News