JPNN.com

Jika Lolos jadi Kapolri, Komjen Listyo Harus Bisa Pastikan tak Ada Lagi Ormas seperti FPI dan HTI

Kamis, 14 Januari 2021 – 14:27 WIB
Jika Lolos jadi Kapolri, Komjen Listyo Harus Bisa Pastikan tak Ada Lagi Ormas seperti FPI dan HTI - JPNN.com
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi telah menunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Idham Aziz yang akan memasuki masa pensiun pada akhir Januari ini.

Jenderal bintang tiga yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri itu pun akan menghadapi uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper tes) di Komisi III DPR RI.

Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) Fadhli Harahab mengatakan, pasca pelantikan, Listyo Sigit akan dihadapkan dengan sejumlah tugas yang dinilai urgen untuk segera diselesaikan karena terkait dengan kondisi negara terkini.

"Pertama, ujian pertama Listyo Sigit tentu menghadapi fit and proper di DPR. Kami meyakini akan lolos," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (14/1).

"Kemudian, Kapolri baru harus bisa memastikan tidak ada lagi ormas-ormas yang gemar menebar kebencian berbasis agama dan ras tumbuh kembang di tanah air."

Menurut Fadhli, pascapembubaran ormas HTI dan Front PembeIa Islam (FPI), bukan serta merta akan mengubur gerakan anggotanya.

Ia meyakini, kader-kadernya akan makin menggebu dalam bergerilya.

"Pascapembubaran itu justru pemerintah harus lebih waspada karena gerakannya tidak lagi terdeteksi dalam wadah ormas," terangnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha