Jika Tak Siap, UKG Ditunda Saja

Jika Tak Siap, UKG Ditunda Saja
Jika Tak Siap, UKG Ditunda Saja
JAKARTA--Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia, Sulistyo mengatakan, pemerintah harus dapat memastikan kesiapan melaksanaan UKG tersebut. Menurutnya, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tidak perlu merasa malu ketika harus memperbaiki persiapan penyelenggaraan UKG.

"Bahkan jika perlu Kementerian dapat menundanya. Karena, untuk apa tergesa-gesa harus dilaksanakan awal puasa begini jika tidak  membawa kebaikan? Tunda saja jika belum siap. PGRI dan para guru tetap mendukung upaya peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru yang benar dan baik," tegas Sulistyo kepada wartawan di Jakarta, Kamis (26/7).

Sulistiyo mengingatkan,  motivasi kementerian juga harus diluruskan jangan sampai melaksanakan UKG karena untuk menghina atau menghukum guru. "Jangan  berfikir karena guru kompetensinya belum baik, terus diadakan UKG itu. Kompetensi dan profesionalitas guru tak akan meningkat kalau hanya diuji (UKG)," tandas Sulistyo.

Lebih jauh Sulistyo menambahkan, peningkatan kompetensi dan profesionalitas hanya bisa dilakuan dengan pembinaan, diklat,  dan kegiatan ilmiah yang tepat di samping kesadaran dari guru yang bersangkutan. Sehingga, salah besar jika menguji guru untuk peningkatan mutu.

JAKARTA--Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia, Sulistyo mengatakan, pemerintah harus dapat memastikan kesiapan melaksanaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News