Jimly Disarankan Gantikan Bagir Manan

Jimly Disarankan Gantikan Bagir Manan
Jimly Disarankan Gantikan Bagir Manan
JAKARTA - Jimmly Asshidiqie yang baru saja mundur dari Mahkamah Konstitusi (MK) disarankan segera mendaftarkan diri sebagai calon hakim agung ke Komisi Yudisial (KY). Pasalnya, karena mayoritas anggota Komisi III DPR mendukung bila Jimly menjadi Ketua MA menggantikan Bagir Manan yang telah memasuki usia pensiun.

Anggota Komisi III DPR dari FPDIP, Gayus T Lumbuun menilai Jimly sebagai figur itu patut dan cocok untuk memimpin MA. "Karena sekarang ini MA membutuhkan pemimpin muda yang jujur, tegas dan berani seperti Jimmly. Untuk reformasi di MA, sebaiknya jabatan Ketua MA dikosongkan dulu, untuk sementara biar dijabat oleh wakil ketua MA, sambil menunggu munculnya Jimly melalui penjaringan di Komisi Yudisial,'' kata Gayus Luumbun di DPR, Selasa (7/10).

Menurutnya, MA harus dibenahi secara tuntas karena keadaannya sudah mirip gua hantu yang sangat menakutkan. Wakil Ketua BK DPR itu megatakan, saat ini MA sudah dikuasai sekelompok elit pimpinan yang bekerjasama dengan calo-calo perkara.

"Mereka lakukan rekayasa  sehingga keputusannya sering bertentangan dengan rasa keadilan masyarakat. Kita sering memergoki mereka melakukan pertemuan dengan calo-calo perkara di lapangan-lapangan golf baik di dalam maupun di luar negeri. Mereka memilih ketemu di lapangan golf karena di hotel atau tempat-tempat tertentu sudah tidak aman lagi,'' kata Gayus.

JAKARTA - Jimmly Asshidiqie yang baru saja mundur dari Mahkamah Konstitusi (MK) disarankan segera mendaftarkan diri sebagai calon hakim agung ke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News