JK Masih Percaya Independensi KPK

Minta Semua Tersangka Suap Jujur Bicara

JK Masih Percaya Independensi KPK
JK Masih Percaya Independensi KPK
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) merasa yakin Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) masih independen dalam menjalankan tugasnya. JK menilai sikap tegas KPK terkait penahanan 19 dari 25 politisi DPR periode 1999-2004 yang menjadi tersangka kasus suap cek perjalanan pada pemilihan Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia, bukan untuk pengalihan isu.

"Kalau KPL tidak independen, saya kira dia (KPK) tidak akan mendapat banyak cobaan dari mana-mana. Bagaimana Ketuanya (Antasari Azhar) dapat fitnah membunuh orang, bagaimana Bibit-Chandra difitnah. Berarti memang berat menjadi independen," kata JK di sela-sela simposium Nasional Demokrat di Jakarta Convention Center, Minggu (30/1).

Mantan Ketua Umum Partai Golkar yang kini menjadi Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini juga meyakini bahwa penahanan atas 19 politisi tersangka suap pada Pemilihan DGS BI tahun 2004 yang dimenangi Miranda S Goeltom bukan sebagai pengalihan isu akibat bergulirnya hak angket mafia pajak di Menurut JK, kasus dugaan suap ini merupakan kasus lama sehingga tinggal menunggu penyelesaian saja oleh KPK. "Saya kira ini bukan kebetulan, tapi prosesnya sudah lama," katanya.

Meski demikian JK tetap berharap agar dengan sikap independen dan penahanan para tersangka, KPK mampu membongkar pihak lain yang terlibat. Ia juga meminta kepara tersangka berkata jujur agar dugaan saling sandera antara partai satu dengan lainnya terungkap.

JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) merasa yakin Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) masih independen dalam menjalankan tugasnya. JK menilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News