JK Percaya Kemampuan Jaksa Agung Baru

JK Percaya Kemampuan Jaksa Agung Baru
JK Percaya Kemampuan Jaksa Agung Baru, HM Prasetyo. Foto JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -- Sebagian publik meragukan sosok HM Prasetyo yang dipilih Presiden Joko Widodo sebagai Jaksa Agung menggantikan Basrief Arief. Pasalnya, meskipun mantan jaksa, Prasetyo juga adalah seorang politikus di Partai Nasdem. Ia terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019.

Menjawab keraguan publik itu,  Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan bahwa Prasetyo dipilih karena kemampuannya. Bukan berdasarkan jatah partai.

"Senang tidak senang itu adalah demokrasi.  Soal Jaksa Agung itu berdasarkan kapasitas, tidak berdasarkan pilihan partai," kata JK di Gedung Bina Graha, Jakarta, Jumat, (21/11).

Menurut JK, sudah banyak menteri yang juga berasal dari partai politik. Jika memang sosok tersebut profesional dan mampu, ia menyakini layak untuk dipilih. Nama Prasetyo sebelumnya tidak disodorkan Presiden ke KPK. Menurut JK, Presiden hanya menghormati asas praduga tak bersalah.

"Kita juga menghormati asapraduga tak bersalah. Kita tidak boleh dugaan. Harus ada buktinya," tegas JK.

JK sempat dikabarkan tidak setuju dengan penunjukkan Prasetyo. Saat dikonfirmasi hal itu, ia menampiknya.

"Apa saya ada hak untuk setuju atau tidak setuju? kalau orang berpengalaman pasti mampu dong. kita bicara kemampuan," tandas JK. (flo/jpnn)


JAKARTA -- Sebagian publik meragukan sosok HM Prasetyo yang dipilih Presiden Joko Widodo sebagai Jaksa Agung menggantikan Basrief Arief. Pasalnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News