Joe Biden Kembali Sumbang 3,5 Juta Vaksin Moderna untuk Indonesia

Joe Biden Kembali Sumbang 3,5 Juta Vaksin Moderna untuk Indonesia
Vaksin COVID-19 buatan Moderna. Foto: Reuters

jpnn.com, JAKARTA - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Sung Y. Kim mengumumkan kedatangan 3,5 juta dosis vaksin covid-19 Moderna. 

Vaksin moderna tersebut adalah sumbangan dari AS untuk Indonesia

Jumlah tersebut menambah 4.5 juta dosis vaksin Moderna yang telah disumbangkan sebelumnya oleh AS pada bulan Juli.

"Untuk memperlambat lonjakan kasus ini, menjadi penting untuk bekerja cepat dan mendapatkan sebanyak mungkin vaksin yang aman dan efektif agar dapat diberikan kepada masyarakat secepatnya," kata Dubes Kim dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Dia mengaku pemerintah Amerika Serikat dengan bangga dan gembira dapat mengambil peran untuk membantu mengakhiri pandemi covid-19 dengan kontribusi dosis vaksin ke Indonesia.

"Kami akan terus mendukung upaya Indonesia menyediakan vaksin dan membantu Indonesia untuk bergerak lebih dekat menuju pembukaan kembali ekonomi yang aman," tambahnya.

Donasi vaksin tersebut dikirim melalui COVAX Advance Market Commitment (COVAX AMC), sebuah inisiatif global untuk mendukung pemberian akses yang merata terhadap vaksin covid-19.

AS memberikan kontribusi bersejarah senilai 4 miliar dolar dari rakyat Amerika melalui Gavi, Aliansi Vaksin untuk COVAX AMC.

Presiden AS Joe Biden juga telah berkomitmen untuk menyediakan 80 juta vaksin covid-19 yang aman dan efektif untuk negara-negara yang memerlukannya, termasuk Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News