Jogo Tonggo Contoh Karakter Kebangsaan yang Bisa jadi Tameng Hadapi Pandemi

Jogo Tonggo Contoh Karakter Kebangsaan yang Bisa jadi Tameng Hadapi Pandemi
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/9). Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyampaikan, karakter dan nilai-nilai kebangsaan mampu menjadi tameng bagi Indonesia dalam menghadapi tantangan dan membawa bangsa ini keluar dari krisis multidimensi akibat pandemi Covid-19.

"Dalam konteks solidaritas nasional, kita memiliki konsensus kebangsaan sebagai pondasi untuk menjaga kehidupan kebangsaan dan menjadi jalan keluar dari setiap masalah bangsa," kata Lestari Moerdijat dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/9).

Dia mengungkapkan, pandemi Covid-19 di Indonesia mulai menurun setelah mencapai puncak pada Juli 2021.

"Sekarang sudah terjadi penurunan drastis. Kita mampu menurunkan angka secara signifikan," kata Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat, saat menyampaikan sosialisasi secara virtual itu.

Mengutip hasil sebuah survei, Rerie menyebutkan, mayoritas responden memahami pandemi bukanlah ancaman kesehatan semata.

Namun pandemi ini bisa berujung pada problem sosial yang pada gilirannya menjadi ancaman pada stabilitas nasional.

"Pandemi bukan hanya mengacaukan, tapi memporakporandakan kehidupan kita. Lalu dimana konsensus kebangsaan di masa pandemi ini? Dari survei yang sama ditemukan ada kepercayaan dan keyakinan, bahwa ada nilai-nilai yang sudah kita miliki dan nilai-nilai itu bisa menjadi tameng untuk menghadapi pandemi," papar Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Nasdem ini.

Rerie menggarisbawahi gotong-royong sebagai nilai dasar ideologi kebangsaan yang perlu diperkuat.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat memuji semangat solidaritas dan kolaborasi gotong-rotong seperti program Jogo Tonggo di Jawa Tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News