John Riady: Indonesia Berpeluang Pimpin Blok Ekonomi Digital Regional

John Riady: Indonesia Berpeluang Pimpin Blok Ekonomi Digital Regional
John Riady, CEO PT Lippo Karawaci Tbk sekaligus Presiden Komisaris PT Siloam International Hospitals Tbk (kedua dari kanan) memberikan sambutan pada peresmian Vaksinasi Gotong Royong di pusat perbelanjaan Spark Jakarta Selatan (19/5/2021). Foto: Humas RS Siloam

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia merupakan episentrum pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara seiring banjirnya investasi usaha rintisan teknologi sekaligus pasar terbesar sehingga wilayah ini secara langsung memainkan peran signifikan bagi perekonomian dunia.

Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady. Menurutnya, Indonesia menguasai nyaris separuh populasi Asia Tenggara, dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang stabil.

Hingga Maret 2023, Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang masuk dalam 10 besar negara dengan usaha rintisan terbanyak.

Total startup Indonesia, sebagaimana dilaporkan Startup Ranking, mencapai 2.502 perusahaan.

John menilai dengan posisi faktual tersebut, Indonesia bisa memimpin Asia Tenggara memaksimalkan potensi ekonomi di era digital seperti sekarang. Pertumbuhan usaha rintisan di Indonesia pun masih cukup prospektif.

“Dalam sedekade ke depan, Indonesia masih menikmati bonus demografi dengan pertumbuhan kelas menengah yang solid dan pasar pengguna generasi milenial maupun generasi Z yang adaptif terhadap teknologi,” kata John pada Minggu (4/6).

Faktor lain yang menjadikan Indonesia sebagai motor, menurutnya, adalah pembangunan infrastruktur fisik maupun penetrasi internet secara luas dan merata.

“Hal inipun sangat disadari Bapak Presiden Jokowi, yang menghendaki Indonesia sebagai pemain utama ekonomi digital di Asia Tengara.”

Indonesia menguasai nyaris separuh populasi Asia Tenggara, dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang stabil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News