Jokowi Bakal Dibantu 34 Menteri

18 dari Profesional, 16 dari Parpol

Jokowi Bakal Dibantu 34 Menteri
Presiden terpilih Joko Widodo di Kantor Transisi, Senin (15/9) petang. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya, Jusuf Kalla mengumumkan postur kabinet untuk pemerintahan mendatang. Menurut Jokowi, kabinetnya nanti akan terdiri dari 34 kementerian.

Menurut Jokowi, 18 posisi menteri akan diisi kalangan profesional. Sedangkan 16 kementerian akan dipimpin menteri dari profesional yang mewakili unsur partai politik.

"Presiden sebagai single chief of executive dibantu oleh menteri-menteri negara diharapkan bisa menciptakan pemerintahan yang bekerja dan yang hadir di tengah rakyat, sebuah pemerintahan yang terkonsolidasi," kata Jokowi saat menggelar konferensi pers bersama Jusuf Kalla di Kantor Transisi, Jakarta Pusat, Senin (15/9) petang.

Ia menyebut, pembentukan 34 kementerian itu dilakukan guna memastikan pemerintahan berjalan dengan efektif sesuai dengan sistem presidensial yang dianut oleh Indonesia.  Yang pasti, Jokowi masih memertahankan posisi menteri koordinator.

Sementara untuk posisi wakil menteri hanya akan diberlakukan di Kementerian Luar Negeri. "Menko (menteri koordinator) tetap tiga, wamen (wakil menteri) sementara ini menurut penilaian kita masih diperlukan di kementerian luar negeri," kata Jokowi.(rmo/jpnn)

JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya, Jusuf Kalla mengumumkan postur kabinet untuk pemerintahan mendatang. Menurut Jokowi,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News