Jokowi Bakal Pangkas 18 Lembaga dan Komisi Negara

Jokowi Bakal Pangkas 18 Lembaga dan Komisi Negara
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengutarakan niatannya untuk memangkas sebanyak 18 lembaga dan komisi yang dibiayai oleh negara. Menurut pria yang akrab disapa Jokowi ini, wacana itu melihat banyaknya lembaga dan komisi yang tidak produktif, yang justru membebani negara.

"Dalam waktu dekat ini ada 18 (lembaga dan komisi)," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (13/7).

Jokowi menjelaskan perampingan organisasi ini bisa menghemat anggaran negara. Hasil penghematan itu bisa dialihkan ke hal-hal yang lebih produktif.

"(Hemat) anggaran, biaya. Kalaupun bisa kembalikan ke kementerian, ke dirjen, direktorat, direktur, kenapa kita harus pakai badan-badan itu lagi, ke komisi-komisi itu lagi," kata Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini sendiri menilai untuk mempercepat jalannya pemerintah, maka dibutuhkan organisasi yang produktif dan simpel.

"Saya ingin kapal itu sesimpel mungkin sehingga bergeraknya menjadi cepat. Organisasi ke depan kira-kira seperti itu. Bolak-balik kan saya sampaikan, negara cepat bisa mengalahkan negara yang lambat. Bukan negara besar mengalahkan negara yang kecil, enggak. Kita yakini," jelas Jokowi. (tan/jpnn)

Presiden Joko Widodo mengutarakan niatannya untuk memangkas sebanyak 18 lembaga dan komisi yang dibiayai oleh negara.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News