Jokowi Beber Faksi di Golkar, Ini Respons Bang Akbar

Jokowi Beber Faksi di Golkar, Ini Respons Bang Akbar
Wakil Ketua Dewan Kehormatan Golkar Akbar Tanjung. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan, sebenarnya tidak ada faksi-faksi di internal partainya. Hanya saja, Golkar memang memberi ruang bagi perbedaan pendapat.

"Kami sih tidak pernah menyebut ada faksi. Tidak bisa dikatakan secara eksplisit ada faksi JK (Jusuf Kalla, red), faksi saya dan faksi yang lain," tutur Akbar di arena Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (19/12). 

Mantan ketua umum Golkar itu menambahkan, bisa saja di antara tokoh-tokoh partainya memiliki perbedaan pandangan. Tapi, kata dia, di dalam kepemimpinan Partai Golkar,  perbedaan harus dikelola melalui peraturan-peraturan organisasi.

"Semua harus patuh walaupun tidak mengurangi kebebasan," katanya. 

Karena itu Akbar meyakini perbedaan-perbedaan yang ada di internal partainya bisa diatasi. “Dengan adanya kemampuan management of conflict saya yakin itu (perbedaan, red) bisa diatasi," katanya.

Lebih lanjut Akbar mengatakan, dinamika di internal partai politik yang menyebabkan perbedaan-perbedaan di dalamnya tentu tak bisa dipungkiri. Perbedaan itu tentu saja bisa terakumulasi melalui beberapa tokoh-tokohnya.

Selanjutnya, perbedaan itu akan memunculkan pengelompokan, walaupun tidak dilakukan secara resmi dan terbuka. "Tapi dalam politik tidak mungkin menutup kemungkinan adanya perbedaan," jelasnya.  

Karena itu, ketua umum Golkar harus punya kemampuan manajemen konflik. "Kalau tidak bisa di-manage perbedaan-perbedaan itu maka akan menguap yang bermuara kepada terjadi konflik terbuka. Ini yang kami hindari," kata mantan ketua umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini.

Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan, sebenarnya tidak ada faksi-faksi di internal partainya, tapi hanya perbedaan pandangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News