Jokowi Beberkan Keistimewaan ASEAN Dibanding Kawasan Lain

Jokowi Beberkan Keistimewaan ASEAN Dibanding Kawasan Lain
Presiden Jokowi. Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyampakan apresiasi dan pujian atas kerja sama negara-negara ASEAN ketika berpidato pada acara peringatan HUT ke-50 Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN.

Dikatakan Jokowi-sapaan presiden, hingga usia setengah abad tahun ini, ASEAN selalu bersama bergandengan tangan dalam semangat persaudaraan. Utamanya untuk menciptakan ekosistem perdamaian, kokoh menjaga stabilitas, serta bergerak terus mewujudkan kesejahteraan bersama.

"Ini yang membuat ASEAN menjadi sangat berbeda dan istimewa dibandingkan dengan apa yang terjadi di banyak kawasan lain di dunia. Sementara di banyak kawasan muncul berbagai konflik,” ucap Jokowi saat berpidato di ASEAN Hall kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Jumat (11/8).

ASEAN, menurutnya telah mampu mengelola kawasan Asia Tenggara sebagai kawasan yang stabil. Sementara di banyak negara atau kawasan beradu kekuatan untuk menyelesaikan masalah, maka ASEAN menyelesaikan masalah dengan cara-cara dialog dan negosiasi.

Ketika banyak negara menggunakan megaphone diplomasi dan menyikapai suatu masalah, maka ASEAN memilih bekerja bersama dalam menyelesaikan masalah.

Begitu pula di bidang ekonomi. Ketika banyak negara dan kawasan mulai pesimis, ASEAN terus bergerak maju membangun integrasi ekonomi, bukan hanya antar negara ASEAN namun juga dengan negara-negara sahabat lainnya,” katanya.

ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok, oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Hingga kini total anggota ASEAN sebanyak 10 negara.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo menyampakan apresiasi dan pujian atas kerja sama negara-negara ASEAN ketika berpidato pada acara peringatan HUT ke-50 Perhimpunan


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News