Jokowi Beberkan Tiga Jurus Atasi Situasi Global di KTT ASEAN

Jokowi Beberkan Tiga Jurus Atasi Situasi Global di KTT ASEAN
Presiden Joko Widodo di KTT ASEAN. Foto: Setpres

jpnn.com, SINGAPURA - Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga kunci untuk menghadapi situasi global dalam sambutannya pada Working Lunch di Suntec Convention Centre, Singapura pada Rabu (14/11).

Tiga kunci dalam menghadapi situasi global tersebut adalah meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan adil dan bebas dengan penyelesaian RCEP, penguatan kerja sama moneter dan fiskal, seperti CMIM, dan memperbaiki fundamental perekonomian domestik memajukan prinsip good governance.

“Saya berharap ASEAN akan dapat terus memperkuat sinergi dengan APEC, G-7 dan juga IMF,” ucap Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi.

Di awal sambutannya, Presiden ketujuh RI mengingatkan bahwa kehadiran kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN di KTT ke-33 ASEAN untuk memperkuat komitmen.

“Kita bertemu di sini untuk memperkuat komitmen agar ekonomi terbuka, multilateralisme dapat terus berjalan. Kita harus dapat membuktikan bahwa perdagangan bukanlah zero sum game. Perekonomian terbuka dan perdagangan dapat menghasilkan win-win result,” tutur Jokowi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tidak ada cara lain kecuali dengan memperkuat kerja sama sinergi. Hal ini menurut Jokowi telah disampaikannya pada saat pembukaan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank di Bali bulan Oktober 2018.

Pada saat bersamaan, lanjut Jokowi, ASEAN juga mengokohkan komitmen dan siap bekerjasama dengan IMF-World Bank dalam pencapaian SDGs.

Working lunch tersebut selain dihadiri oleh kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN juga dihadiri PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Cile Sebastián Piñera, dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga kunci untuk menghadapi situasi global dalam sambutannya pada KTT ke-33 ASEAN


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News