Jokowi Berharap Pelaku Usaha Mikro Naik Kelas

Jokowi Berharap Pelaku Usaha Mikro Naik Kelas
Presiden Jokowi saksikam penyaluran pembiayaan UMi di Gorontalo, Jumat (1/3). Foto: Setpres RI

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo berharap lebih banyak pelaku usaha mikro maupun yang berada di tingkatan bawahnya bisa berkembang dan naik kelas ke usaha yang lebih besar dengan adanya program ekonomi rakyat dan umat yang dibuat pemerintah.

Salah satunya ialah program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang ditujukan bagi para pelaku usaha ultramikro ataupun lapisan terbawah yang belum dapat terfasilitasi oleh perbankan.

“Ini diberikan atau dipinjamkan kepada ibu dan bapak sekalian dalam rangka meningkatkan penjualan omzet barang-barang yang diproduksi atau jual," ujar Presiden di Pasar Sentral, Kota Gorontalo, Jumat (1/3).

BACA JUGA: Kiai Ma'ruf Bakar Semangat Pelaku Usaha di NU Expo

Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Gorontalo ini, Presiden ketujuh RI menyaksikan penyaluran pembiayaan melalui program UMi tersebut kepada pelaku usaha ultramikro di daerah itu.

Jokowi meminta agar para debitur UMi dapat memanfaatkan program ini dengan baik, sekaligus berupaya mengembangkan usahanya dan disiplin dalam mengangsur pinjaman.

Presiden menekankan apabila usaha para debitur semakin berkembang, pemerintah sudah menyediakan fasilitas bantuan permodalan lainnya dengan nilai pembiayaan yang jauh lebih besar.

"Kalau sudah berkembang nanti dilarikan ke (program) KUR karena bisa sampai Rp 500 juta (pembiayaan)," ucap mantan wali kota Solo itu.

Presiden Jokowi berharap lebih banyak pelaku usaha mikro maupun yang berada di tingkatan bawahnya bisa berkembang dan naik kelas ke usaha yang lebih besar dengan adanya program ekonomi rakyat dan umat yang dibuat pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News