Jokowi: Bicara Mobnas, Bicara Esemka!

Jokowi: Bicara Mobnas, Bicara Esemka!
Jokowi, saat masih mesra dengan mobil Esemka. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo ternyata belum meninggalkan mobil Esemka yang dikembangkannya ketika masih menjadi Walikota Surakarta. Ia bahkan bercita-cita menjadikan karya anak bangsa itu sebagai cikal bakal mobil nasional (mobnas).

"Kalau kita bicara mobnas tentu saya akan bicara Esemka!" tegas Jokowi di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (10/2) dini hari.

Hal ini disampaikannya menjawab spekulasi sejumlah pihak yang menyebut sang presiden hendak menggandeng produsen mobil asal Malaysia, Proton untuk mengembangkan mobil nasional. 

Spekulasi beredar lantaran Jokowi menghadiri penandatanganan kerjasama antara perusahaan tersebut dengan PT Adiperkasa Citra Lestari di Malaysia pada hari Jumat (6/2) pekan lalu.

Jokowi mengatakan, mengembangkan mobil nasional dengan menggandeng perusahaan asing adalah langkah yang tidak masuk akal. Menurutnya, sebuah mobil nasional tentu harus dikembangkan dan diproduksi perusahaan lokal.

"Sejauh ini memang belum ada rencana (mengembangkan Mobnas) Tapi yang jelas kalau bicara Mobnas brand dan principalnya itu ya harus dari Indonesia," pungkas kepala negara. (dil/jpnn)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo ternyata belum meninggalkan mobil Esemka yang dikembangkannya ketika masih menjadi Walikota Surakarta. Ia bahkan bercita-cita


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News