Tiba di Halim, Presiden Jokowi Jelaskan Soal MoU dengan Proton

Tiba di Halim, Presiden Jokowi Jelaskan Soal MoU dengan Proton
Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memberikan klarifikasi tentang penandatanganan MoU antara PT Adiperkasa Citra Lestari dengan produsen mobil asal Malaysia, Proton yang menimbulkan berbagai spekulasi di tanah air. 

Menurutnya, perjanjian tersebut sama sekali tidak berkaitan dengan pengembangan mobil nasional (Mobnas).

Jokowi mengatakan, perjanjian yang ditandatangani di Malaysia itu merupakan kesepakatan bisnis antar perusahaan alias business to business (B to B). Dengan kata lain, pemerintah kedua negara sama sekali tidak terlibat dalam kesepakatan.

"Perjanjian MoU itu B to B dan juga baru pada tahapan awal," kata Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (10/2) dini hari.

Seperti diketahui, MoU antara PT Adiperkasa Citra Lestari dengan Proton dikait-kaitkan dengan pengembangan mobil nasional lantaran penandatanganannya dihadiri langsung oleh Jokowi dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. Kecurigaan ini diperkuat  fakta bahwa pemilik PT Adiperkasa Citra Lestari adalah orang dekat Jokowi, HM Hendropriyono.

Jokowi mengaku hadiri penandatanganan hanya karena diundang mantan Perdana Menteri Malaysia Mahatir Muhammad. Mengenai isi perjanjian, mantan Gubernur DKI Jakarta ini tidak mengtahuinya secara detail.

"Kita saat itu diundang ke Proton oleh Chairman-nya, Pak Mahatir Muhammad. Di situ hadir juga Perdana Menteri Najib Razak. Jadi saya diundang untuk datang," jelas Jokowi.

Jokowi memang diketahui memiliki kedekatan dengan Mahatir. Jelang Pemilu Presiden 2014 silam, keduanya bertemu di kediaman pribadi Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri di Jakarta. Dalam kesempatan itu Mahatir menyampaikan bahwa dirinya mendoakan Jokowi keluar sebagai pemenang pemilu. (dil/jpnn)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memberikan klarifikasi tentang penandatanganan MoU antara PT Adiperkasa Citra Lestari dengan produsen


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News