Jokowi Bikin Ritual Kendi Nusantara di IKN, Arief Poyuono Berkata Begini

Jokowi Bikin Ritual Kendi Nusantara di IKN, Arief Poyuono Berkata Begini
Politikus Partai Gerindra Arief Poyuono. Foto: dokumen JPNN.com/ M. Fathra Nazrul

jpnn.com, JAKARTA - Politikus Gerindra Arief Poyuono merespons adanya ritual Kendi Nusantara untuk menyatukan air dan tanah dari seluruh negeri di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (kaltim).

Diketahui, tanah dan air dari Kaltim dan provinsi lain di Indonesia bakal disatukan dalam ritual Kendi Nusantara di Titik Nol IKN yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (14/1) besok.

Nah, Arief menduga ritual Kendi Nusantara itu bertujuan supaya pembangunan IKN tersebut tidak batal setelah nanti Presiden Jokowi tidak menjabat lagi.

"Mungkin saja ritual bawa tanah dan air oleh seluruh gubernur di Indonesia agar IKN tidak batal, kali ya," ucap Arief kepada JPNN.com pada Minggu (13/3).

Anak buah Prabowo Subianto di Partai Gerindra itu menyebut ritual semacam itu lumrah di dilakukan masyarakat di Jawa dan daerah lain ketika mau pindah ke rumah tinggal baru.

"Biar betah dan rezekinya enggak hilang," lanjut ketua umum FSP BUMN Bersatu itu.

Diketahui, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dan rombongan terbatas sudah berada di Kaltim.

Besok, mantan gubernur DKI Jakarta itu diagendakan untuk menuju Kawasan Titik Nol Kilometer IKN Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Politikus Gerindra Arief Poyuono komentari ritual Kendi Nusantara para gubernur bareng Presiden Jokowi di IKN Nusantara, Kaltim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News