Jokowi Center Minta Wacana RI Bangun Hotel di Mekkah Segera Direalisasi

Jokowi Center Minta Wacana RI Bangun Hotel di Mekkah Segera Direalisasi
Direktur Eksekutif The Jokowi Center Teuku Neta Firdaus. Foto: Dok The Jokowi Center

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif The Jokowi Center Teuku Neta Firdaus mendesak realisasi Indonesia membangun hotel di Mekkah dan Madinah.

Dia menyebut hal itu akan membuat jemaah umrah dan haji dari Indonesia bisa tinggal di hotel yang dibangun oleh Indonesia.

Apalagi, dari tahun ke tahun jemaah umrah dan haji dari Indonesia terus meningkat.

“Ini wacana Indonesia membangun hotel di Mekkah dan Madinah sudah ada sejak 2013, namun sampai 2023 belum berdiri hotel milik Indonesia di Mekkah dan Madinah,” kata Teuku Neta dalam siaran persnya, Senin (26/6).

Teuku Neta menyebutkan pada 2013 Pemerintah Indonesia bersama pihak ketiga pernah merintis membangun hotel untuk jemaah haji di kawasan Misfalah, sekitar dua kilometer dari Masjidil Haram.

Tujuannya adalah efisiensi anggaran penginapan para jemaah haji dan umrah.

Kala itu, dua investor swasta nasional bekerja sama dengan Islamic Development Bank (IDB) sudah siap mengeksekusi pembangunan pada 2014.

Masa itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Anggito Abimanyu di Jeddah pada Oktober 2013 menyatakan investor itu memiliki kerja sama dengan pihak dari Arab Saudi berupa tanah dengan sistem kontrak selama 30 tahun.

The Jokowi Center meminta agar wacana Pemerintah Indonesia membangun Hotel di Mekkah segera terealisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News