Jokowi dan Megawati Diyakini Akan Satu Suara Mengusung Ganjar

Jokowi dan Megawati Diyakini Akan Satu Suara Mengusung Ganjar
Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan satu suara mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

Menurut dia, dari hasil survei terbaru SMRC memperlihatkan elektabilitas Ganjar kembali naik setelah sebelumnya turun. Hal itu tentu akan menjadi pertimbangan penting untuk mendukung Ganjar.

“Sampai saat ini saya masih punya keyakinan Jokowi dan Mega satu suara untuk (usung) Ganjar. Alasannya jelas, karena Ganjar adalah kader PDIP yang paling potensial atau kompetitif dalam pilpres kali ini,” kata Saidiman saat dihubungi, Selasa (18/4).

Saidiman kemudian membeberkan hasil survei SMRC yang menempatkan Ganjar Pranowo jadi yang pertama dalam format top of Mind. Meski sempat turun, Ganjar kembali moncer dan diyakini akan terus naik elektabilitasnya.

"Dalam format top of mind, suara Ganjar sempat turun dari 16,2 persen di bulan Maret menjadi 13 persen di minggu pertama April 2023. Namun, kemudian naik kembali menjadi 16,5 persen di minggu kedua April 2023," ucapnya.

Selain itu, dia juga menyatakan ruang untuk Ganjar menaikkan elektabilitas masih cukup besar karena tingkat popularitas atau kedikenalannya masih belum seratus persen dibanding tokoh lain seperti Prabowo Subianto.

"Ada peluang bagi Ganjar untuk meningkatkan elektabilitas seiring dengan makin luas awareness publik. Ini berbeda dengan Prabowo yang sudah dikenal hampir semua warga," kata dia.

Atas dasar itu, Saidiman yakin peluang Ganjar untuk mendapatkan restu dari Megawati Soekarnoputri dan Presiden Jokowi sangat besar, bahkan paling besar dibanding tokoh-tokoh lain.

Peneliti SMRC Saidiman Ahmad meyakini Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri bakal satu suara mendukung Ganjar Pranowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News