Jokowi dan Zelenskyy Bersalaman, Pesan akan Disampaikan kepada Putin, Apa Itu?

Jokowi dan Zelenskyy Bersalaman, Pesan akan Disampaikan kepada Putin, Apa Itu?
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdiskusi dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, KYIV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdiskusi dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6).

Jokowi mengaku sudah menyerap semua pesan dari Zelenskyy untuk kemudian akan disampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan kunjungannya merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

"Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujar Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Zelenskyy selepas pertemuan.

Presiden Jokowi menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Meskipun masih sangat sulit dicapai, Presiden Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh luntur.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," imbuhnya.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan.

Presiden Jokowi akan menyampaikan pesan dari Zelenskyy untuk Presiden Rusia Vladimir Putin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News