Jokowi Dinilai Sukses Membawa Kepercayaan Dunia Terhadap Indonesia Lewat Presidensi G20

Jokowi Dinilai Sukses Membawa Kepercayaan Dunia Terhadap Indonesia Lewat Presidensi G20
Presiden Jokowi hendak kembali ke Indonesia dari Washington DC, Amerika Serikat, pada Sabtu (14/5). Sumber foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

jpnn.com, DENPASAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sukses membawa kepercayaan dunia terhadap Indonesia melalui Presidensi G20.

Momentum tersebut dinilai memberi dampak positif yang akan didapat Indonesia.

Wakil Rektor Universitas Udayana (Unud), Ngakan Putu Gede Suardana, mengatakan kepemimpinan Jokowi dalam Presidensi G20 menunjukkan kekuatan Indonesia, terutama dalam mendorong dunia menuju arah perbaikan.

"Pak Jokowi ini bisa menunjukkan kredibilitas Indonesia bahwa Indonesia mampu untuk memimpin Presidensi G20," ujar Ngakan Putu di Denpasar, Rabu (25/5).

Menurutnya, Presidensi G20 yang berada di bawah kendali Jokowi tidak hanya bisa meningkatkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia, namun juga terhadap negara-negara berkembang lainnya.

"Ini sangat luar biasa jurus beliau jadi tidak saja hanya untuk negara negara G20, 19 negara dan satu kawasan. Tetapi untuk seluruh negara-negara kecil pun yang ada, baik itu di Pasifik," tutur Ngakan Putu.

Dia menilai peranan aktif Indonesia dalam Presidensi G20 bisa menjadi momentum pembuktian bahwa meski berstatus negara berkembang dan mampu menjadi poros penentu kebijakan-kebijakan.

"Negara kecil yang tidak tergabung dalam G20 semua dilibatkan, semua diundang untuk diberikan kesempatan hadir. Apakah juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan setiap permasalahan apa yang ada, kalau iya itu sangat luar biasa," seru Ngakan Putu.(chi/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Kepemimpinan Jokowi dalam Presidensi G20 menunjukkan kekuatan Indonesia, terutama dalam mendorong dunia menuju arah perbaikan.


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News