Jokowi Dipastikan Telikung Mega dan PDIP

Jokowi Dipastikan Telikung Mega dan PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kiri) bersama Presiden Terpilih 2014-2019, Joko Widodo. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syarif Hidayat mengatakan, tiba waktunya nantinya, Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) akan melepaskan dirinya dari bayang-bayang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Bayang-bayang yang dimaksud Syarif adalah Jokowi akan melepaskan citra bahwa dia adalah presiden boneka Megawati dan petugas partai PDIP.

"Ini soal momentum saja. Jika waktunya menurut Jokowi sudah tepat, dia pasti akan melepaskan diri sebagai bayang-bayang Megawati dan menghapus citra presiden boneka dan petugas partai," kata Syarif Hidayat, saat dihubungi wartawan, Kamis (4/9).

Selain itu lanjutnya, Jokowi juga akan membangun kekuatannya berdasarkan konstitusi. "Bahkan, bisa saja berseberangan dengan garis kebijakan partai seperti penggunaan hak prerogratif menunjuk menteri sekali pun tidak sejalan dengan kebijakan partainya," ujar Syarif.

Jokowi menurut Syarif, akan menegaskan dirinya hanya akan tunduk pada konstitusi, melalui berbagai kebijakan yang tidak segaris dengan kepentingan partai atau ketua umum. "Partai boleh saja kasih masukan seperti halnya juga masyarakat dan lembaga lainnya, tapi keputusan tetap ada di Jokowi," tegasnya.

Contohnya menurut Syarif, wacana kenaikan harga BBM yang dilontarkan Jokowi pada dasarnya bertentangan dengan garis kebijakan PDIP sebagai partai pengusung utama Jokowi untuk tidak menaikan BBM selama 10 tahun terakhir. (fas/jpnn)

 

JAKARTA - Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syarif Hidayat mengatakan, tiba waktunya nantinya, Presiden Terpilih Joko Widodo


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News