Jokowi Disarankan Tampil Gaul

Jokowi Disarankan Tampil Gaul
Jokowi Disarankan Tampil Gaul

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro menyarankan agar calon presiden Joko Widodo lebih menampilkan kesan anak muda. Selain itu, para pemilih muda ataupun pemilih pemula lebih menyukai sosok pemimpin yang jujur dan bersih.

Menurut Siti, anak-anak muda lebih membutuhkan sikap muda dan ketangkasan Jokowi dalam memimpin dan disosialiasikan dengan bahasa gaul. Karenanya, Jokowi diharapkan dapat merealisasikan hal-hal tersebut.

"Sebagai seorang ibu saya paham. Anak muda itu butuh pemimpin yang jujur, tangkas, muda, Inspiratif dan pro pembangunan ekonomi, tegas," kata Siti Zuhro dalam diskusi bertajuk "Menakar Arah Pilihan Politik Kaum Muda di Pilpres 2014", di Posko Relawan Merah Putih, Jakarta, Kamis (12/6).

Tampil dua pembicara lainnya, Direktur Eksekutif Charta Politica, Yunarto Wijaya dan Boni Hargens, Direktur Eksekutif Lembaga Pemilih Indonesia (LPI).

Siti menilai model kampanye Jokowi dengan mengangkat kampanye revolusi mental sangat revolusioner."Ikon revolusi mental ala Jokowi mengampanyekan nilai nilai yang bagus, bukan nilai yang menyerang. Justru harus mengangkat revolusi mental, mengubah mental kita, mindset kita menuju Indonesia punya nilai-nilai itu," imbuhnya,

Sementara, Direktur Eksekutif Charta Politica, Yunarto Wijaya berpendapat, para pemilih pemula dan pemilih muda lebih tertarik dengan konsep nasional yang berhubungan dengan dunia luar. Selain mengedepankan harkat martabat bangsa di dunia internasional.

Yunarto juga menyindir gaya Prabowo Subianto berpeci meniru layaknya Presiden Soekarno yang tidak relevan dalam konteks kekinian. Kaum muda sekarang gandrung dengan calon pemimpin yang inspiratif. "Anda bisa lihat di dunia maya atau sosial media. Sosok Soekarno ditampilkan memakai baju kotak-kotak ala Jokowi," kata Yunarto.

Sedangkan, Direktur Eksekutif Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), Boni Hargens menilai, pemilih muda yang rasional akan melihat rekam jejak calon pemimpinnya. "Pemimpin itu bukan sekadar retorika tapi apa yang sudah dilakukan untuk bangsa ini," kata Boni. (dms)

JAKARTA - Pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro menyarankan agar calon presiden Joko Widodo lebih menampilkan kesan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News