Jokowi Dorong Pengusaha Australia Berinvestasi di ASEAN

Jokowi Dorong Pengusaha Australia Berinvestasi di ASEAN
Presiden Joko Widodo saat bertemu para pengusaha dari Australia. Foto: Biro Pers

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo yakin ASEAN akan menjadi poros perekonomian baru dunia karena berbagai keunggulan ASEAN baik dari segi geografis maupun demografisnya.

Karenanya, Australia sebagai salah satu negara terdekat ASEAN diharapkan bisa memanfaatkan peluang tersebut, utamanya dalam hal investasi.

Itu disampaikan Jokowi dalam pidatonya di CEO Forum, sebagai rangkaian dari KTT Khusus ASEAN-Australia, di International Convention Center, Sydney, Sabtu, (17/3).

“Poros perekonomian dunia sedang bergeser dari Atlantik ke Pasifik, pertumbuhan ekonomi tertinggi saat ini ada di Asia Pasifik. Lalu siapa yang tepat berada di tengah-tengah Asia Pasifik? Adalah ASEAN,” kata Presiden Ketujuh RI.

Letak ASEAN yang berada di tengah, di antara India, Asia Tengah, dan Timur Tengah berada di sebelah barat, kemudian Tiongkok, Korea, dan Jepang di sebelah utara, serta Australia dan Selandia Baru di sebelah selatan, membuat ASEAN menjadi kawasan yang strategis.

“Namun selain itu, ada hal penting lainnya yang sedang tumbuh di Asia Pasifik dan ASEAN, yaitu kelas menengah. Termasuk sekitar 630 juta populasi di Asia Tenggara,” jelas Presiden.

Jokowi menjelaskan, berdasarkan data Bloomberg, meskipun pertumbuhan ekonomi dunia saat ini berada di sekitar 3 persen per tahun, namun industri pariwisata global tumbuh lebih dari 7 persen per tahun. Itu merupakan peluang yang luar biasa bagi ASEAN dan Australia.

“Bukan saja hanya menjadi destinasi wisata dan peningkatan jumlah turis baru dari Australia, namun Australia juga memiliki peluang bisnis dalam membantu pembangunan industri pariwisata di ASEAN,” terang Presiden.

Presiden Joko Widodo yakin ASEAN akan menjadi poros perekonomian baru dunia karena berbagai keunggulan ASEAN baik dari segi geografis maupun demografisnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News