Jokowi Gagal Jalankan Misi Perdamaian? Masinton: Tidak Bisa Langsung Disimpulkan

Jokowi Gagal Jalankan Misi Perdamaian? Masinton: Tidak Bisa Langsung Disimpulkan
Masinton Pasaribu berkomentar soal misi perdamaian Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu mengatakan misi perdamaian Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Rusia-Ukraina belum bisa disimpulkan gagal.

"Namanya diplomasi itu tidak bisa langsung disimpulkan gagal atau berhasil. Itu berproses," kata Masinton kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (4/7).

Dia juga menyebutkan diplomasi tidak bisa diselesaikan dengan satu kali proses, pasti butuh tindak lanjut dari kedua negara.

"Kepala pemerintahan nanti ada tindak lanjut untuk merealisasi penjajakan dari upaya diplomasi," lanjutnya.

Politikus PDI Perjuangan itu menyebutkan Presiden Jokowi sudah mewakili negara untuk melakukan peran diplomasi internasional.

"Politik bebas aktif itu dijalankan. Itu dahulu nanti baru kita bisa menilai dalam realisasi langkah berikutnya," pungkas Masinton.

Sebelumnya diberitakan Presiden Jokowi menyatakan Indonesia tidak memiliki kepentingan apa pun, kecuali ingin melihat perang segera selesai dan rantai pasok pangan, pupuk, dan energi segera diperbaiki.

“Karena ini menyangkut kehidupan ratusan juta orang, bahkan miliaran manusia,” kata Jokowi dalam konferensi pers bersama Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis waktu setempat, sebagaimana dikutip dari tayangan daring Sekretariat Presiden.

Anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu mengatakan misi perdamaian Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Rusia-Ukraina belum bisa disimpulkan gagal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News