Jokowi Harus Bersikap Tegas Atas Klaim Tiongkok Punya Kedaulatan Dekat Natuna

Jokowi Harus Bersikap Tegas Atas Klaim Tiongkok Punya Kedaulatan Dekat Natuna
Sukamta. Foto; Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Sukamta meminta pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersikap tegas merespons klaim Tiongkok yang memiliki kedaulatan dekat laut Natuna, Kepulauan Riau.

Hal ini disampaikan Sukamta merespons reaksi Tiongkok yang menolak protes Indonesia atas manuver kapal coast guard mereka saat mengawal puluhan kapal yang diduga mencuri ikan di sekitar 3.8 Nautical Miles dari garis Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia dan Malaysia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RRT Cheng Shuang, pada Selasa (31/12) menyatakan bahwa mereka punya kedaulatan di Kepulauan Nansha, Laut China Selatan yang posisinya dekat Natuna, Kepulauan Riau, yang dianggap Indonesia masuk Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) RI.

"Indonesia tidak mengakui 9 dash line-nya China yang jadi klaim mereka atas Laut China Selatan dan yang meliputi wilayah-wilayah beberapa negara termasuk Wilayah NKRI," ucap Sukamta kepada jpnn.com, Kamis (2/1).

Oleh karena itu, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut meminta pemerintah Jokowi lebih tegas pada Tiongkok yang mengabaikan protes Indonesia atas aktivitas coast guard mereka di perairan Natuna.

"Kami minta Pemerintah Indonesia bersikap tegas dalam urusan kedaulatan negara. Ini terjemahan nyata dari sikap kita  NKRI harga mati. Kita harus mengamankan kedaulatan ini melalui semua jalur. Diplomasi, keamanan, pertahanan dan pengelolaan ekonomi," tandas legislator asal Yogyakarta ini.(fat/jpnn)

Sukamta meminta pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersikap tegas merespons klaim Tiongkok yang memiliki kedaulatan dekat laut Natuna, Kepulauan Riau.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News