Jokowi Harus Efektifkan Fungsi Menko Lagi

Jokowi Harus Efektifkan Fungsi Menko Lagi
Pengamat politik dari Partisipasi Indonesia Ari Arianto (kiri) bersama pakar hukum tata negara, Margarito Kamis dalam diskusi bertema Nasib Nawacita? di Jakarta Pusat, Minggu (13/3). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Partisipasi Indonesia Ari Arianto menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus kembali mengefektikan fungsi menteri koordinator.  Menurutnya, hal itu untuk mencegah potensi konflik sesama menteri di Kabinet Kerja bentukan Jokowi.

"Kuncinya ada pada ketegasan presiden. Efektifkan menteri koordinator untuk lakukan koordinasi, supervisi dan pengendalian terhadap menteri teknis," kata Ari dalam diskusi "Nasib Nawacita?" di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (13/3).

Ia lantas menyindir salah satu menteri yang sejak dilantik sampai sekarang tidak pernah berkoordinasi dengan menko. "Ini sangat disayangkan," katanya.

Padahal, kata dia, menko secara undang-undang punya posisi lebih tinggi dibanding menteri teknis.  "Menko itu sudah mendapatkan kasta lebih tinggi karena masuk cluster pertama jajaran kementerian," kata Ari dalam diskusi yang juga juga menghadirkan pakar hukum tata negara Margarito Kamis itu.

Sedangkan cluster kedua, kata dia, ada kementerian agama, kementerian luar negeri, kementerian dalam negeri dan kementerian pertahanan. Sisanya adalah menteri lainnya yang masuk pada cluster ketiga.(boy/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News