Jokowi: IKN Baru jadi Magnet Global dan Pusat Inovasi 

Jokowi: IKN Baru jadi Magnet Global dan Pusat Inovasi 
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Gedung Pusat Pembelajaran Arntz-Geise Unpar, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (17/1/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara mengenai pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim).

Jokowi menyatakan IKN baru di Penajam Paser Utara, Kaltim, tidak sekadar berisi kantor pemerintahan. 

Menurut Jokowi, IKN itu juga sebagai kota pintar baru, yang akan menjadi manget global dan pusat inovasi. 

"Ibu kota negara baru ini bukan sekadar kota yang berisi kantor pemerintahan, tetapi kita ingin membangun sebuah new smart metropolis yang mampu menjadi magnet, menjadi global talent magnet, dan menjadi pusat inovasi," ujar Jokowi dalam sambutannya secara langsung di acara Dies Natalis Ke-67 Universitas Katolik Parahyangan yang disaksikan secara virtual dari Jakarta, Senin (17/1). 

Dia menyatakan bahwa IKN baru merupakan transformasi besar-besaran. Oleh karena itu, katanya, pembangunan IKN baru bukan semata-mata memindahkan fisik kantor pemerintahan. 

Menurut dia, tujuan utama pemindahan IKN adalah membangun kota pintar baru yang kompetitif di tingkat global. 

Kemudian, sebuah lokomotif baru untuk transformasi negara menuju Indonesia yang berbasis inovasi, teknologi, dan ekonomi hijau.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menambahkan pembangunan IKN baru di Kaltim harus menjadi momentum untuk membangun sebuah kota yang sehat, efisien, produktif,  dirancang sejak awal. 

Jokowi menyatakan IKN baru di Penajam Paser Utara, Kaltim, tidak sekadar berisi kantor pemerintahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News