Jokowi: Indonesia Siap jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Jokowi: Indonesia Siap jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
Prabowo Subianto dan Joko Widodo. Foto: Instagram prabowo

jpnn.com, JAKARTA - Setelah sukses dengan Asian Games 2018, Indonesia meluncurkan rencana kejutan, pengin mendaftar sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade 2032.

Niat besar tersebut diungkap langsung Presiden Jokowi, setelah bertemu dengan ketua Olimpiade Thomas Bach (International Olympic Committee) Thomas Bach dan Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah (Olympic Council of Asia), Sabtu (1/9).

"Indonesia telah merencanakan untuk segera mendaftarkan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade 2032," kata Jokowi.

Indonesia memang harus menunggu lama, karena setelah Olimpiade 2020 di Tokyo, tuan rumah untuk dua edisi Olimpiade berikutnya sudah ditentukan (melewati proses bidding).

Paris akan menjadi host Olimpiade 2024 dan Los Angeles menjadi tuan rumah Olimpiade 2028.

Jika Indonesia sukses lolos seleksi calon tuan rumah Olimpiade 2032 dan memenangi bidding, Indonesia akan menjadi negara Asia Tenggara yang menjadi host Olimpiade.

Untuk Asia saja, baru Jepang (Tokyo 1964, 2020), Korea Selatan (Seoul 1988) dan Tiongkok (Beijing 2008) yang dipercaya menjadi tuan rumah Olimpiade.

"Dengan pengalaman kami dalam menyelenggarakan Asian Games ke-18 ini, kami percaya bahwa kami bisa menjadi tuan rumah untuk acara yang lebih besar," tutur Jokowi.

IOC menghargai keinginan Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News