Jokowi Ingin Ciliwung Seperti Sungai Cheonggyecheon di Korea

Jokowi Ingin Ciliwung Seperti Sungai Cheonggyecheon di Korea
Presiden Jokowi berjalan kaki dan menyampatkan diri menyusuri tepi Sungai Cheonggeyecheon, Seoul, Korea Selatan, Selasa (11/9). Sungai tersebut terlihat bersih. Foto: Setpres RI

jpnn.com, SEOUL - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali kegiatan di hari ketiga berada di Seoul, Korea Selatan, Selasa (11/9), dengan berjalan kaki bersama peserta Korea-Indonesia (KIND) Meet Up menuju Plaza Cheonggeyecheon.

Dimulai pukul 07.30 waktu setempat (WS), Presiden dan Ibu Negara Iriana bersama peserta jalan kaki melewati underpass integrasi stasiun kereta api bawah tanah dengan pertokoan. Di penghujung jalan sebelum menyusuri tepi sungai, Jokowi disambut Wali Kota Seoul Park Won-Soon.

Mereka pun berdialog sambil berjalan santai menyusuri tepi Sungai Cheonggyecheon, Seoul. Melihat kebersihan sungai di tengah kota tersebut, mantan gubernur DKI pun mengatakan sungai Cheonggyecheon bisa menjadi inspirasi untuk Sungai Ciliwung di Jakarta.

“Sungai Cheonggyecheon ini sebuah inspirasi yang sangat bagus kalau sungai Ciliwung bisa bersih, dan itu bisa. Tahun 2003 sungainya juga sama (seperti Ciliwung) dan dengan waktu dua tahun tiga bulan sangat bersih sekali seperti zaman dahulu kala. Sebuah tontonan yang bisa jadi tuntunan untuk bisa digarap di Jakarta," kata Jokowi kepada jurnalis.

Presiden menuturkan bahwa Wali Kota Seoul sebelumnya, Lee Myung-bak yang berhasil membuat sungai Cheonggyecheon tersebut menjadi bersih, yang kemudian terpilih menjadi Presiden Korea Selatan periode 2008-2013.

Sungai Cheonggyecheon ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Korea Selatan.

Oleh karena itu, sebagai warga kehormatan Seoul, Presiden Ketujuh RI ini berencana untuk meminta resep membangun sungai ini kepada Mayor Park, tokoh yang pada 2017 lalu, memberikan gelar warga kehormatan Seoul kepada Jokowi.

“Katanya kalau sudah menjadi warga kehormatan minta apa saja diberi, saya mau minta resep bangun sungai ini ke Mayor Park,” ujarnya.

Presiden Jokowi berjalan kaki dan menyampatkan diri menyusuri tepi Sungai Cheonggeyecheon. Sungai tersebut terlihat bersih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News