Jokowi Ingin Food Estate Jateng Punya Kelembagaan Petani yang Kuat

Jokowi Ingin Food Estate Jateng Punya Kelembagaan Petani yang Kuat
Presiden RI Joko Widodo meminta kelembagaan petani di Food Estate yang berada di di Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah terus diperkuat. Foto: Hortikultura

jpnn.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo meminta kelembagaan petani di Food Estate yang berada di di Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah terus diperkuat.

Dia mengatakan kelembagaan petani nantinya akan memudahkan peningkatan daya saing dan posisi tawar dalam pemasaran.

Presiden berharap hal itu mampu meningkatkan pendapatan petani.

"Kemudian harga yang ada juga tidak dipermainkan oleh para tengkulak," ujar Presiden Jokowi yang didampingi Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat melakukan kunjungan kerja sekaligus kick off perdana di dua lokasi Food Estate di Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Eks Wali Kota Solo itu juga berjanji akan membantu petani menyiapkan bibit unggul hingga kelengkapan sarana panen.

Oleh karena itu, menurut dia, harus ada kerja sama yang baik antara petani dengan pihak swasta (offtaker) sebagai bagian dari pembeli yang sudah pasti.

"Saya rasa kami ingin melihat model bisnisnya seperti apa, proses bisnis yang akan dilakukan di sini seperti apa, hitung-hitungannya sudah ada. Ini akan menjadi contoh untuk provinsi-provinsi lain yang ingin membuat food estate," kata Jokowi.

Selain itu, kata Presiden, kemampuan digitalisasi penting diterapkan pada sistem korporasi ini untuk kemudahan komunikasi, transparansi dan efisiensi.

Presiden RI Joko Widodo meminta kelembagaan petani di Food Estate yang berada di di Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah terus diperkuat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News